Indahnya Borobudur Di Hari Waisak

Tanggal 19 ini bertepatan dengan hari Waisak 2563 BE bagi umat buddha, indahnya borobudur di hari waisak. Candi Borobudur adalah salah satu ikon Budaya di Indonesia yang terkenal hingga ke Mancanegara. Candi Ini berada di Magelang dan Candi ini merupakan Candi Buddha terbesar di dunia. Candi ini didirikan pada saat dinasty Syailendra yang memiliki kepercayaan atau beragama Buddha. Namun hingga saat ini masih tidak diketahui siapa yang mendirikan candi borobudur ini.

Awalnya Candi Borobudur ini hanya berbentuk rancangan bangunan stupa tunggal yang sangat besar. Setelah melalui beberapa pertimbangan stupa tersebut akhir nya di ubah dan di gantikan dengan tiga barisan Stupa dengan ukuran kecil dan satu stupa utama seperti saat ini. Candi Borobudur ini berasal dari bahasa Sansekerta yaitu Vihara Buddha Beduhur, yang berarti Kuil Buddha di Puncak gunung. Banyak Wisatawan asing yang mengunjungi Candi Borobudur ini untuk melihatnya secara Langsung. Keunikan dan keindahan candi ini sangat mengagumkan. Padahal Candi ini merupakan relief dan arca yang berdiri kokoh tanpa menggunakan semen.

Baca Juga : Pemeran War Machine Berganti Aktor Dalam Film Iron Man , Rekomendasi Agen QQ Resmi Dan Terpecaya
Kunjungi : http://ligaq.xyz/

Makna Hari Waisak Dalam Agama Buddha

Hari Waisak ini sangat di tunggu-tunggu oleh Umat Buddhis di seluruh dunia. Waisak berasal dari bahasa pali yaitu “Vesakha” atau dalam bahasa sansekertanya disebut “Vaisakha”. Pada hari Waisak ini biasa di sebut dengan Trisuci Waisak. Karena pada hari tersebut merupakan hari kelahiran Sidharta Gautama, Sidharta Gautama Mencapai Penerangan, dan meninggalnya Sang Sidharta Gautama. Pada hari Waisak ini para penganut agama buddha akan melaksanakan ritual puja-bhakti yang bertujuan untuk mengingat kembali ajaran sang Buddha. Ajaran Buddha yang ditaati adalah jangan membunuh, jangan mencuri, jangan berzinah, jangan berbohong, dan jangan bermabuk-mabukan. Biasanya selain mengingat lima larangan tersebut para umat Buddha juga mengembangkan cinta kasih dengan cara membantu fakir-miskin atau melepas makhluk hidup. Serta merenungkan kembali segala perbuatan baik atau buruk sehingga perbuatan buruk yang telah terjadi tidak terulang kembali dimasa yang akan datang.

Biasanya beberapa hari sebelum Waisak, Para turis baik lokal dan mancanegara sudah berdatangan untuk melihat Suasana Candi Borobudur sebelum hari waisak dan pada saat waisak. Biasanya hari menjelang waisak penginapan maupun hotel yang ada di sekitar daerah Candi borobudur penuh. Pada malam perayaan Waisak itu sendiri para umat maupun turis lokal dan mancanegara mengikuti acara penerbangan lampion. pemandangan ini hanya dapat anda lihat satu tahun sekali di Candi Borobudur.